PEMBUATAN KARTU KUNING BANDAR LAMPUNG SECARA ONLINE

 

Para pencari kerja tentunya sudah akrab dengan istilah Kartu Kuning. Kartu Kuning dikenal juga dengan AK-1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja. Terkadang, ada perusahaan yang mewajibkan

pelamar kerja untuk menyertakan Kartu Kuning dalam lamarannya. Maka dari itu, kamu sebagai pencari kerja harus mengetahui bagaimana cara membuat Kartu Kuning ini. Kartu ini bukan hanya membuktikan bahwa kamu adalah pencari kerja yang terdaftar di database Dinas Ketenagakerjaan, tetapi kamu juga bisa mendapatkan informasi penting mengenai lowongan pekerjaan. Kalau sudah terdaftar dan memiliki Kartu Kuning, lamaran pekerjaan kamu juga bisa disalurkan oleh Disnaker. Banyak perusahaan yang langsung meminta data ke Disnaker untuk merekrut pekerja. Jika belum mendapatkan pekerjaan, kamu bisa membuat laporan ke Disnaker dan minta informasi penyaluran tenaga kerja. Pada saat membuat Kartu Kuning, data kamu akan disimpan sebagai pencari kerja. Data ini dikelompokkan menurut pendidikan terakhir dan bidang yang kamu kuasai. Oleh karena itu, siapkan dirimu untuk mendalami keahlian khusus yang banyak dicari oleh perusahaan. Tapi, bagaimana cara membuat Kartu Kuning? Kartu ini bisa dibuat dengan mendatangi langsung Disnaker di kota Bandar Lampung. Namun terkadang, antrean untuk membuat Kartu Kuning bisa jadi sangat panjang, apalagi jika mendekati musim perekrutan pekerja oleh perusahaan. Untuk mempermudah, kamu bisa juga mencoba cara membuat Kartu Kuning online.Dengan mendaftar online, kamu langsung mendapatkan nomor registrasi sehingga data kamu akan terekam secara otomatis di database Disnaker. Nah, mau tahu lebih jauh tentang cara membuat Kartu Kuning online? Mari kita ketahui dulu syaratnya.

Syarat dan Langkah Membuat Kartu kuning Online

  1. Masuk ke situs resmi IPKOL (Informasi Pasar Kerja Online) alamat https://ipkol-bandarlampung.com/ lalu cari menu “Formulir/Pencari Kerja” atau (Klik Daftar AK1)
  2. Isi data formulir pencari kerja dengan lengkap
  3. Di kolom Email isi dengan akun gmail yang masih aktip, karna setelah anda mengirim data formulir, informasi selanjutnya akan di beritahu melalui email dinas ketenagakerjaan/ipkol.
  4. Dalam kolom Akun, unggah foto kamu. Pastikan foto yang kamu unggah merupakan foto resmi,(pas foto berwarna ukuran 3×4).
  5. Setelah semua kolom terisi, klik tombol Submit. Data kamu sudah berhasil terkirim di database Dinas Ketenagakerjaan bandar lampung.

Untuk mempermudah langkah kamu dalam membuat Kartu Kuning, coba pertimbangkan beberapa tips di bawah ini:

  1. Pada saat mengunggah foto, pastikan foto berukuran 3 x 4 cm.
  2. Gunakan Gmail yang masih aktip
  3. Ketika mendatangi Disnaker untuk mendapatkan cetakan Kartu Kuning, sebaiknya kamu tetap membawa berkas asli ijazah, KTP, dan foto. Ini agar memudahkan petugas untuk mencocokkan data.
  4. Setelah mendapatkan cetakan Kartu Kuning, ada baiknya kamu langsung membuat salinan Kartu Kuning di tempat fotokopi dan minta cap legalisasi oleh petugas di Disnaker.

Nah, ternyata cara membuat Kartu Kuning online ini cukup mudah, ya. Setelah kamu mendaftar secara online, kamu tinggal datang ke kantor Disnaker untuk mendapat Kartu Kuning yang sudah dicetak dan dilegalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DAFTAR KARTU KUNING KEMNAKER DAFTAR
WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: