PERSYARATAN MEMBUAT KARTU KUNING

Proses pembuatan kartu pencari kerja ini bisa dikatakan sangat mudah dan singkat. Dengan catatan, syarat yang diminta oleh pihak pembuat kartu kuning sudah terpenuhi semua. Proses pembuatan kartu pencari kerja ini bisa dikatakan sangat mudah dan singkat. Dengan catatan, syarat yang diminta oleh pihak pembuat kartu kuning sudah terpenuhi semua. Kartu kuning adalah suatu berkas/dokumen yang dikeluarkan secara resmi oleh lembaga pemerintah Dinas Ketenagakerjaan/Disnaker. Kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja dan sekarang lebih dikenal dengan AK-1 dibuat dengan tujuan untuk pendataan para pencari kerja. Kartu ini berbentuk kertas biasa dengan warna putih polos berisi identitas pencari kerja. Kartu ini berwarna putih, tapi kenapa disebut dengan kartu kuning? Sejarahnya, waktu pertama kali dibuat kartu ini berupa selembar formulir dengan kertas berwarna kuning. Oleh karena itu, kartu tersebut sampai saat ini dikenal dengan kartu kuning, walaupun sekarang warna kertasnya sudah diganti menjadi warna putih. Secara formal kartu ini bernama AK-1 yang mana AK sendiri kepanjangan dari Antar Kerja. Berisikan data, nomor kartu identitas, dan legilisasi dari Disnaker. Kartu ini hanya bisa dibuat di daerah kabupaten masing-masing pencari kerja. Oleh karena itu kantor Disnaker ada disetiap Kabupaten di Indonesia. Jadi, setiap pencari kerja hanya bisa membuat kartu kuning di daerah aslinya yaitu yang tertera di KTP. Disnaker adalah satu-satunya lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang penyedia tenaga kerja yang sudah resmi bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru. Proses sistem kerjanya, perusahaan-perusahaan akan datang ke Disnaker untuk merekrut calon karyawan baru. Pihak Disnaker akan memberikan data calon pencari kerja kepada pihak perusahaan. Selanjutnya akan dilakukan proses tes calon karyawan oleh pihak perusahaan. Data-data pencari kerja ini didapatkan dari nama-nama pencari kerja yang sudah terdaftar dan memiliki kartu kuning.  Fungsi dibuatnya kartu kuning bagi Disnaker sendiri adalah untuk pendataan para pencari kerja disetiap daerah/kabupaten oleh pihak Disnaker. Sedangkan fungsi utama kartu kuning bagi pencari kerja adalah sebagai syarat wajib melamar kerja di pemerintahan atau melamar menjadi pegawai negeri. Itu adalah fungsi secara khusus atau utama. Sedangkan fungsi lainnya yaitu, kartu kuning bisa dipakai untuk melamar kerja di suatu perusahaan milik swasta. Kartu kuning juga bisa berfungsi sebagai pelapor kepada Disnaker apabila pencari kerja belum mendapatkan kerja.

Jadi, kesimpulannya kartu kuning memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Persyaratan melamar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).
  • Persyaratan melamar kerja di Perusahaan swasta.
  • Sebagai media pelapor ke Disnaker apabila belum mendapatkan pekerjaan.

Bagi pencari kerja yang akan melamar di perusahaan swasta, kartu ini tidak menjadi syarat wajib. Artinya, melamar kerja di perusahaan swasta tidak diharuskan menggunakan kartu kuning. Dengan catatan, pencari kerja siap untuk mencari kerja secara mandiri tanpa bantuan dari Disnaker. Itulah sedikit penjelasan tentang kartu kuning. Jika kita lihat fungsi dari kartu kuning, tentu tidak ada salahnya apabila pencari kerja membuat kartu kuning. Dan pencari kerja akan sangat terbantu dalam mencari kerja yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

 

PERSYARATAN MEMBUAT KARTU KUNING :

Syarat membuat kartu kuning bisa dikatakan sederhana sekali. Pencari kerja hanya diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen untuk pembuatan kartu kuning. Syarat-syarat tersebut yaitu:

  • Fotokopi ijazah terakhir yang terlegalisir.
  • Fotokopi KTP/SIM.
  • Fotokopi Akte Kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • 2 lembar pas photo berwarna ukuran 4×3.

Dari kelima dokumen di atas, dua diantaranya kadang tidak diminta oleh petugas pembuatan kartu kuning. Hal ini tergantung pada kebijakan kantor Dinas Ketenagakerjaan di daerah masing-masing. Dua dokumen tersebut adalah fotokopi Akte Kelahiran dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).  Namun, untuk memperlancar dan berjaga-jaga sebaiknya kelima dokumen di atas dipersiapkan semua sebagai syarat membuat kartu kuning terbaru. Jangan sampai harus bolak-balik pulang ke rumah hanya untuk mengambil dokumen yang kurang saja. Itu adalah syarat-syarat membuat kartu kuning. Dalam proses pembuatan kartu kuning, terdapat prosedur atau cara-cara membuat kartu kuning yang perlu diketahui.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DAFTAR KARTU KUNING KEMNAKER DAFTAR
WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: